Apa Saja Pantangan Ambeien dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Saja Pantangan Ambeien dan Bagaimana Cara Mengatasinya – Artikel kali ini akan membahas mengenai apa saja pantangan ambeien serta solusi terbaik yang perlu dilakukan agar ambeien cepat sembuh.

pantangan ambeien

Sudah sering dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa ambeien merupakan suatu keadaan dimana pembuluh darah yang berada di sekitar anus atau dubur mengalami pembengkakan atau peradangan, penyebabnya banyak, sudah saya jelaskan DISINI, yang pasti adanya peningkatan tekanan pembuluh darah yang berada di dalam anus maupun di sekitar anus.

Lalu apa saja sebenarnya pantangan ambeien yang harus diketahui oleh penderita ambeien, serta apa saja hal-hal yang boleh dilakukan untuk upaya menghilangkan rasa nyeri akibat ambeien  serta cara mempercepat proses penyembuhan ambeien.

Pantangan Ambeien dan Cara Mengatasi Ambeien

Berikut adalah beberapa jenis pantangan ambeien serta hal-hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan saat Anda terkena ambeien.

Jenis Makanan

Makanan yang harus dihindari

Ini sudah menjadi rahasia umum, penderita wasir harus banyak makanan yang berserat, karena makanan dengan sedikit serat bisa mengakibatkan konstipasi atau sembelit, sembelit mengakibatkan Anda mengejan berlebihan saat BAB, dan ini bisa menjadi faktor penyebab munculnya wasir.

Jadi, kurangilah makanan-makanan dengan sedikit serat misalnya, roti putih, produk olahan susu, berbagai macam  daging termasuk daging olahan, karbohidrat olahan, makanan olahan, makanan beku, serta makanan cepat saji.

Hindari makanan pedas, jangan konsumsi minuman yang mengandung alkohol, serta hindari makan buah sitrus.

Baca Juga :   Cara mengobati wasir setelah melahirkan

Makanan yang harus dikonsumsi

Kalau diatas sudah dibahas mengenai makanan pantangan ambeien, atau makanan yang harus dihindari, maka ada juga makanan yang harus dikonsumsi, atau paling tidak diperbanyak intensitas konsumsinya. Orang yang menderita ambeien sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya serat, yaitu antara lain : kacang-kacangan, gandum utuh, alpukat, apel, pisang, brokoli, buah pir, serta oatmeal.

Cobalah saat sarapan atau makan siang sambil mengkonsumsi satu sendok makan minyak mineral dicampur dengan selai apel atau yogurt, apa manfaatnya ?, ini sangat bermanfaat untuk membantu tinja keluar dengan mudah dari dalam anus.

Menunda BAB Bukanlah Hal Yang Baik

Jangan sampai Anda menunda hasrat untuk buang air besar atau BAB. Ketika perut sudah berontak dan hasrat untuk mengeluarkan isi perut muncul, segeralah ke kamar mandi atau toilet.

Menunda-nunda atau menunggu sampai pekerjaan kita selesai adalah pantangan penyakit ambeien. Menunda buang air besar dapat memperparah sembelit dan akhirnya memperburuk wasir.

Mengangkat kaki saat duduk di toilet

Jika menggunakan toilet duduk, angkat kaki sedikit atau memijakkan kaki di atas bangku kecil. Posisi ini membuat posisi rektum berubah, hingga memungkinkan tinja keluar dengan lebih mudah.

Jangan mengejan terlalu keras

Pantangan penyakit ambeien selanjutnya adalah mengejan. Mengejan memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di rektum. Di mana itu merupakan salah satu penyebab paling umum dari ambeien.

Tak hanya mengejan ketika buang air besar, meningkatnya tekanan pada pada pembuluh darah juga bisa dikarenakan mengangkat benda berat, batuk kronis, atau bahkan kehamilan.

Jangan berlama-lama di kamar mandi

Janganlah membawa buku, handphone, atau tablet ke kamar mandi ketika buang air besar, karena benda-benda tersebut bisa membuat kita betah duduk di toilet.

Baca Juga :   Cegah Wasir Kambuh Saat Idul Fitri Tiba

Semakin lama kita nongkrong di toilet, semakin besar juga risiko tekanan pada pembuluh darah. Risiko tersebut bahkan menjadi lebih besar jika kita menggunakan toilet duduk.

Itulah beberapa pantangan ambeien dan hal-hal yang harus Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit ambeien Anda. Mengkonsumsi obat herbal ambeien juga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan ambeien.