Apa Saja Keuntungan Donor Darah Bagi Kesehatan Kita?

Apa Saja Keuntungan Donor Darah Bagi Kesehatan Kita? – Berdasarkan data terakhir dari Badan Kesehatan Dunia WHO, kebutuhan darah di Indonesia minimal sekitar 5,1 juta kantong darah per tahun. Sedangkan produksi darah yang baru terpenuhi sebanyak 4,1 juta kantong dari 3,4 jita donasi.

keuntungan donor darah

Apa itu donor darah?

Donor darah adalah prosedur pemberian atau pendonasian darah secara sukarela untuk maksud dan tujuan tranfusi darah kepada seseorang yang membutuhkan. Semua orang diperbolehkan melakukan donor darah, jika telah memenuhi persyaratan.

Seseorang yang boleh melakukan donor darah, adalah mereka yang sehat jasmani dan rohani, usia 17 sampai 65 tahun, berat badan minimal 45kg, tekanan darah serta kadar hemoglobin normal, dan maksimal melakukan donor darah adalah sebanyak lima kali dalam setahun.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa masih sedikit kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Padahal banyak keuntungan donor darah yang didapatkan jika mendonorkan darah. Menurut Founder Blood 4 Life Indonesia, Valencia Meike Randa, satu kantong darah yang didonorkan bisa menyelamatkan empat nyawa.

Manfaat Donor Darah

Tidak hanya bermanfat untuk orang lain, donor darah juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. “Bisa menyelamatkan bukan hanya dirinya, tetapi tiga orang lainnya,” kata Founder Blood 4 Life Indonesia, Valencia Meike Randa saat ditemui awak media dalam acara donor darah di South Quarter Jakarta Selatan, Jumat 27 Juli 2018.

Dia memaparkan bahwa keuntungan donor darah yang didapatkan oleh seorang pendonor darah, adalah untuk menolong tubuhnya memproduksi darah baru. Yang akan membantu mengembalikan kebugaran tubuh.

“Donor darah itu menolong diri sendiri, sebab tubuh keluarkan darah. Ketika menguluarkan darah secara otomatis darah itu akan terproduksi lagi, dan tubuh kita menerima darah baru sehingga performa organ tubuh kita baik, segar,” lanjut dia.

Baca Juga :   Membuat Tubuh Langsing Secara Cepat dan Mudah, Ini Rahasianya

Tidak hanya itu saja, mendonorkan darah kata dia juga menjadi sarana untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Mengingat sebelum melakukan donor darah, calon pendonor akan menjalani rangkaian tes kesehatan. Seperti pemeriksaan tensi, kandungan hemoglobin, pemeriksaan hepatitis b, c, hingga HIV.

“Kalau kita ke lab untuk cek kesehatan bisa mahal. Kalau ini gratis, dan ketika ada sesuatu pihak PMI akan menginformasikan ke pendonor melalui pesan singkat, ‘Segera periksakan diri Anda’,” ujarnya.

Berikut adalah beberapa keuntungan donor darah yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber:

1.Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology, donor darah dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung hingga 88% dan mengurangi risiko penyakit jantung-pembuluh darah hingga 33%.

2.Membakar Kalori
Menurut University of California, San Diego diperoleh data bahwa dengan mendononorkan darah secara teratur, kita juga dapat membakar kalori sebanyak 650 kalori setiap kalinya. Meskipun demikian,  bukan berarti Anda  harus melakukannya secara berlebihan karena kekurangan darah justru berbahaya bagi kesehatan.

3.Mengurangi risiko kanker
Melakukan donor darah dapat membantu Anda dalam mengurangi zat besi dalam tubuh. Kandungan zat besi yang berlebihan akan meningkatkan stress oksidatif dalam tubuh yang selanjutnya berdampak pada kerusakan sel dan perubahan metabolisme yang dijumpai pada kanker. Meskipun demikian, teori ini masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut.

4.Menolong sesama
Banyak orang yang meninggal akibat kekurangan darah atau terlambat mendapatkan darah yang mereka butuhkan. Dengan melakukan donor darah, akan ada perasaan bahagia melihat orang lain bahagia, karena Anda telah menolong sesama dan menyelamatkan nyawa manusia lain.

5.Mendapatkan tes kesehatan gratis
Sebelum melakukan donor darah, kesehatan Anda akan dites dahulu oleh pihak panitia donor darah. Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi tertularnya penyakit kepada penerima donor atau justru membahayakan pendonor. Selain itu, Anda pun dapat mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga :   Obat Herbal Kanker Terbaik dan Aman Dikonsumsi Ziirzax dan Typhogell Denature

Siapa yang tidak boleh donor darah

Melakukan donor darah memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Sayangnya, tak semua orang dapat melakukan donor darah, seperti berikut:

1.    Menderita kanker

2.    Menderita tekanan darah atau hipertensi

3.    Menderita kencing manis atau diabetes militus

4.    Menderita penyakit jantung dan paru-paru

5.    Menderita epilepsi dan sering kejang

6.    Menderita atau pernah menderita Hepatitis B atau C

7.    Menderita sifilis

8.    Memiliki perdarahan abnormal atau kelainan darah

9.    Kecanduan minuman alkohol

10.  Ketergantungan narkoba

11.   Menderita HIV/AIDS

Itulah beberapa keuntungan donor darah bagi kesehatan kita, begitu juga orang yang tidak boleh melakukan donor darah, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, MARI DONORKAN DARAH KITA!!