Apa Penyebab Munculnya Ambeien Setelah Melahirkan Secara Normal

Apa Penyebab Munculnya Ambeien Setelah Melahirkan Secara Normal, ini menjadi pertanyaan banyak ibu muda setelah melahirkan, memang tidak semua wanita hamil mengalaminya, tetapi kasus ambeien saat hamil maupun pasca hamil adalah hal yang umum.

Paling sering terjadi adalah saat trimester ketiga dan pasca melahirkan, ini waktu yang paling sering terjadi kasus ambeien pada ibu hamil.

penyebab ambeien ibu hamil

Wasir atau yang dikenal juga dengan istilah ambeien adalah varises (pembengkakan) vena rektum dan biasanya terasa sangat nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Ibu hamil wasir paling sering terjadi pada pertengahan trimester kedua hingga trimester ketiga.

Meski demikian, Dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menegaskan kalau Moms tidak perlu merasa cemas, karena pada dasarnya ambeien tidak berbahaya bagi ibu dan janin.

Kondisi yang diakibatkan oleh ambeien sungguh kadang sangat menyakitkan dan sangat tidak nyaman dalam beraktifitas. Tetapi hal ini tidak harus menyebabkan buat para ibu muda untuk khawatir secara berlebihan, banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh ambeien, bahkan sekaligus menyembuhkan saat waktu pasca melahirkan.

Apakah ambeien bisa terjadi selama kehamilan?

Menurut seorang ahli klinis kebidanan dan ginekologi University of Yale, Mary Jane Minkin, MD, mengatakan “Cara termudah untuk memahami wasir adalah varises anus”. Ambeien pasca melahirkan secara normal tidaklah berbeda dengan ketika sesorang sedang tidak hamil.

Wasir adalah pembengkakan atau peradangan vena di rektum dan sekitar anus, pada dasarnya menyerupai varises. Ada dua macam wasir yaitu internal dan eksternal.

Wasir internal berada di dalam rektum dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun dapat menyebabkan tekanan. Namun, jika wasir internal terdorong keluar bisa sangat menyakitkan.

Baca Juga :   Cara mengobati wasir setelah melahirkan

Wasir eksternal adalah benjolan kecil di luar rektum yang bisa terasa nyeri dan gatal. Gejalanya meliputi pendarahan rektum, gatal, terbakar dan nyeri atau tertekan, tonjolan pada anus, kadang mengeluarkan darah merah terang.

Pembuluh vena di area rektum melebar di bawah tekanan, demikian menurut Scott Sullivan, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Medical University of South Carolina, dan “Ketika pembuluh vena melebar ke ukuran tertentu akan mengalami kesulitan untuk kembali ke ukuran normal dan kehamilan cenderung memperburuknya.”

Ambeien selama kehamilan (atau waktu lainnya) dapat berada di dalam rektum atau eksternal. Ambeien eksternal lebih cenderung berdarah dan gatal, sementara yang internal biasanya lebih menyakitkan dan kadang juga bisa mengalami pendarahan.

Mengapa ambeien terjadi?

Salah satu alasannya adalah bahwa ibu hamil sering berurusan dengan konstipasi (sembelit). “Mengejan selama buang air besar akibat sembelit menyebabkan pembuluh darah menjadi bengkak,” kata Candice Wood, MD, asisten profesor klinis di University of Arizona dan Banner University Medical Center Phoenix. “

Selain itu, kadar progesteron yang lebih tinggi melemaskan dinding pembuluh darah, menjadikannya lebih mudah membengkak. Progesteron juga berkontribusi terhadap konstipasi dengan memperlambat saluran usus.”

Wasir terutama terjadi pada trimester ketiga. Beberapa wanita megalaminya saat mereka hamil pertama kalinya. Ambeien juga dapat berkembang saat Moms mengejan selama tahap kedua persalinan normal.

Dalam banyak kasus, wasir yang berkembang selama kehamilan akan hilang segera setelah melahirkan, terutama jika Moms berhati-hati untuk mencegah sembelit.

Apakah Penyebab Wasir Saat Hamil?

Peningkatan volume rahim dan darah selama kehamilan yang memberi tekanan lebih besar pada pembuluh darah yang melewati anus dapat menjadi penyebab wasir bengkak dan meradang.

Baca Juga :   Penyakit Ambeien (ambeyen) Wasir, Kenali gejala dan ciri cirinya

Wasir saat hamil juga bisa diakibatkan karena konstipasi atau sembelit. Karena hormon kehamilan, pencernaan melambat saat hamil dan konstipasi bisa terjadi.

Duduk terlampau lama tanpa bergerak juga bisa menjadi faktor yang berpengaruh terhadap ibu hamil wasir.

Vitamin prenatal yang mengandung zat besi sintetis juga bisa mengakibatkan sembelit dan menyebabkan ibu hamil wasir.

Bagaimana mencegah ambeien setelah melahirkan?

Untuk menghindari ambeien setelah melahirkan yang makin parah setelah melahirkan normal, berikut adalah pencegahannya:

  • Konsumsi makanan tinggi serat: mencakup biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran, minum banyak air putih, dan berolahraga teratur.
  • Jangan menunda dorongan untuk buang air besar dan berupayalah untuk tidak mengejan karena ini akan memberi tekanan pada area dubur.
  • Lakukan latihan Kegel setiap hari. Kegel meningkatkan sirkulasi di area dubur dan memperkuat otot di sekitar anus, mengurangi kemungkinan ambeien. Kegel juga memperkuat otot-otot di sekitar vagina dan uretra, yang dapat membantu tubuh pulih setelah melahirkan.
  • Jangan duduk atau berdiri untuk waktu yang lama. Jika pekerjaan menuntut banyak duduk, bangkitlah dan bergeraklah sesekali untuk meningkatkan aliran darah dari bagian bawah tubuh.
  • Asupan serat dan minum air putih, lakukan secara rutin untuk menghindari sembelit.
  • Lakukan latihan Kegel. Selain mempersiapkan persalinan, latihan ini dapat membantu mencegah wasir dengan memperbaiki sirkulasi ke area tersebut.
  • Tidur miring. Cara ini mengurangi tekanan pada pembuluh darah rektum.
  • Aktif bergerak. Senam hamil atau berjalan-jalan sebentar selama lima menit setiap beberapa jam untuk memperbaiki sirkulasi ke area rektum.
  • Jangan memaksakan. Hindari mengejan terlalu lama di toilet.
  • Tetap bersih. Gunakan air hangat dan kertas toilet setelah buang air besar.
  • Rendam air hangat. Rendam dalam posisi duduk selama 10 sampai 15 menit di bak mandi.
  • Konsumsi probiotik, baik dalam bentuk suplemen atau makanan fermentasi untuk membantu memperlancar pencernaan.
  • Gunakan bantal duduk khusus (berbentuk donat), untuk meredakan tekanan pada rektum dan membuat duduk lebih nyaman.

Bagaimana mengatasi ambeien setelah melahirkan normal?

Langkah alami berikut dapat membantu meredakan ambeien setelah melahirkan normal:

  1. Oleskan baking soda (basah atau kering) di area tersebut untuk mengurangi rasa gatal
  2. Berendam dengan air hangat
  3. Kompres es (dingin) atau kompres hangat
  4. Tambahkan setengah cangkir Apple Cider Vinegar (cuka apel) ke dalam air dan gunakan untuk rendam.
  5. Oleskan minyak kelapa yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi rasa gatal, meredakan rasa sakit dan peradangan dan pulih dalam beberapa hari.
  6. Oleskan lidah buaya ke area yang meradang. Atau gunakan daging lidah buaya untuk minuman yang dapat mendinginkan peradangan.
  7. Tisu basah untuk menghindari iritasi.
  8. Akupunktur dapat membantu meningkatkan fungsi otot.
Baca Juga :   Ambeien Luar - Kenali dan Waspadai

Obat Ambeien Setelah Melahirkan

Cuka apel. Gunakan cuka apel saat berendam sambil duduk di bathup.

Minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada wasir. Minyak kelapa bersifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi gatal, nyeri dan radang.

Lidah buaya. Oleskan lidah buaya segar ke area yang meradang. Lidah buaya bahkan bisa diolah menjadi minuman segar yang sehat dan menyegarkan.

Akupunktur, bisa membantu memperbaiki fungsi otot dan mengatasi wasir saat hamil.

Cobalah salep atau koyo khusus wasir atau kompres es, untuk membantu mengurangi nyeri wasir.

Ambejoss Salwa, merupakan obat ambeien alami yang terbuat dari bahan herbal alami sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil maupun ibu menyusui, terbukti ampuh mengobati ambeien setelah melahirkan.

mengobati ambeien, cara mengobati ambeien, obat ambeien alami

obat ambeien alami di apotik

obat ambeien alami di apotik k24

beli obat wasir