Ambeien pada ibu hamil dan setelah melahirkan

Ambeien pada ibu hamil

Apa itu ambeien

Ambeien atau dikenal juga dengan wasir, adalah kondisi dimana terjadi pelebaran pembuluh darah balik yang ada di area anus. Bagaimana gejala ambeien pada ibu hamil ? Tanda dan ciri ambeien  yang muncul pada ibu yang sedang hamil akan berbeda-beda, sangat tergantung pada stadium ambeien yang muncul.

Untuk ambeien ringan, gejala yang muncul biasanya di tandai dengan keluarnya darah saat BAB. Untuk stadium yang lebih tinggi, ambeien akan muncul dalam bentuk benjolan yang keluar melalui lubang anus, biasanya terjadi pada saat BAB. Benjolan ini yang kadang kala bisa masuk dengan sendirinya, ada juga yang harus dibantu dengan jari tangan.

ambeien pada ibu hamil dan melahirkan

Semakin besar kandungan, biasanya ambeien akan semakin parah. Ambeien saat hamil 9 bulan kondisinya akan berbeda dengan ambeien saat hamil 6 bulan. Mengapa demikian ?

Pertumbuhan janin dalam rahim semakin hari semakin besar. Hal ini yang menyebabkan terjadinya tekanan pada pembuluh darah vena. Gejala ambeien pada ibu hamil ini biasanya akan mulai nampak setelah 6 bulan usia kandungan.

Bolehkah menggunakan Obat Ambeien pada ibu hamil ?

Pada ambeien saat hamil muda, sangat disarankan untuk mengatur diet dan pola makan, perbanyak konsumsi buah dan minum air mineral minimal 2 liter setiap hari. Ini akan sangat membantu menghindari konstipasi, melunakkan feses, sehingga proses pembuangan kotoran menjadi lebih mudah tanpa perlu banyak mengedan.

Pada usia kandungan lanjut, apabila penyakit ambeien ini dirasa sangat menganggu kesehatan dan aktivitas, maka diperbolehkan untuk menggunakan obat ambeien alami, untuk menghindari efek samping yang bisa muncul. Obat ini bisa berupa salep wasir yang di dalamnya terdapat penghilang rasa sakit. Anda juga bisa menggunakan obat ambeien yang langsung dimasukan ke dalam anus seperti factu.

Baca Juga :   Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Alami tanpa Operasi

Obat Ambeien seperti ambejoss dan salep salwa merupakan obat ambeien untuk ibu hamil dan menyusui yang sangat aman dikonsumsi tanpa perlu takut terjadi efek samping yang membahayakan ibu hamil.

Ambeien saat melahirkan, bagaimana persiapannya ?

Sebelum melahirkan, ibu hamil yang memiliki gangguan wasir diajurkan untuk banyak melakukan olah raga dan aktivitas fisik, paling baik adalah dengan berlatih senam hamil dengan benar sehingga nantinya pada saat proses kelahiran tidak akan mengedan terlalu kuat.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ambeien pada ibu hamil menjadi semakin parah.

Wanita hamil yang terkena ambeien tidak perlu khawatir, karena masih bisa melahirkan secara normal. Namun perlu juga dikonsultasikan dengan dokter kandungan, apabila ambeien yang muncul terlalu besar dan dikhawatirkan akan pecah pada saat prosesi kelahiran.

Jika  situasi tersebut terjadi, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan operasi cesar untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang lain. Periksakan ke dokter sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana ambeien tersebut terjadi pada diri Anda.

Jika sebelumnya ibu memiliki riwayat penyakit ambeien sebelum hamil, maka resiko terjadi ambeien pada ibu hamil akan semakin tinggi. Untuk mencegah hal ini, bisa melakukan tips berikut ini :

  1. Perbanyak makan buah maupun makanan berserat tinggi dan minum air putih setidaknya 2 liter per hari untuk menghindari kurang serat dan sembelit.
  2. Tidur dan istirahat sebaiknya dalam posisi miring untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah pada area anus.
  3. Jangan terlalu lama berdiri, karena hal ini juga bisa meningkatkan tekanan pembuluh darah.
  4. Ibu hamil bisa berlatih tekhnik angkat beban dengan benar untuk meminimalisir mengedan terlalu kuat pada saat BAB.
  5. Senam kegel juga sangat baik untuk wanita dan mengurangi resiko ambeien pada ibu hamil.
  6. Berlatih senam kehamilan, agar nantinya pada saat persalinan tidak terlalu tegang dan tidak mengejan terlalu kuat.
Baca Juga :   Gambar Penyakit Ambeien Wasir Stadium 1 - 4

Ambeien setelah melahirkan

Ambeien bisa juga terjadi setelah melahirkan, meskipun sebelumya tidak ada riwayat gangguan ambeien pada saat hamil.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinyanya ambeien setelah melahirkan, diantaranya adalah :

  1. Terjadi tekanan yang kuat pada pembuluh darah vena di sekitar panggul akibat dari tekanan janin yang tumbuh dalam rahim selama kehamilan
  2. Hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan juga menyebabkan ambeien karena terjadi efek relaksasi pada katup pembuangan dan dinding pembuluh darah.
  3. Trauma selama proses kelahiran terutama pada saluran pembuluh darah di sekitar anus yang terjadi karena mengedan terlalu kuat.

Ambeien setelah melahirkan memiliki gejala  yang sama seperti ambeien pada ibu hamil. Biasanya ditandai dengan keluarnya darah saat buang air besar, keluar benjolan dari anus, gatal di sekitar anus, nyeri saat buang air besar, dan lain sebagainya.

Untuk kasus yang lebih parah, biasanya benjolan akan keluar melalui anus. Benjolan ini akan bisa masuk dengan sendirinya, tetapi bisa juga harus di bantu dengan tangan.

Ambeien sendiri terbagi menjadi beberapa tahap perkembangan, yaitu stadium 1 – 4.

  1. Stadium 1 : ditandai dengan terjadinya pendarahan pada saat buang air besar.
  2. Stadium 2 : Muncul benjolan saat BAB, biasanya benjolan ini akan bisa masuk dengan sendirinya.
  3. Stadium 3 : Benjolan yang muncul akan semakin besar, keluar dari anus, dan untuk masuk lagi harus di bantu dengan jari maupun tangan. Pendarahan pada saat BAB juga biasanya semakin parah.
  4. Stadium 4 : BAB berdarah diikuti juga dengan benjolan seperti di atas. Namun pada stadium ini, benjolan tersebut sudah tidak bisa masuk lagi meskipun dengan bantuan tangan.

Apakah Ambeien saat hamil bisa sembuh sendiri ? Ambeien pada ibu hamil dan melahirkan bisa sembuh dengan sendirinya, meskipun harus menunggu dengan sabar. Untuk mempercepat proses penyembuhan bisa dengan menjaga pola hidup dan pola makan agar tidak terjadi sembelit.

Baca Juga :   Metode Tepat Obati Wasir di Rumah Dengan Ramuan Alami

Cara mengobati Ambeien pada ibu hamil dan melahirkan

Untuk mengatasi ambeien, bisa dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Perbanyak konsumsi buah dan air mineral untuk menghindari sembelit dan konstipasi. Jika feses atau kotoran yang akan dibuang tidak terlalu keras, maka tidak perlu mengejan terlalu kuat.
  2. Jangan menunda BAB. Usahakan BAB secara teratur, sehari sekali. Jika sering menahan diri untuk pergi ke toilet maka kotoran menjadi keras dan semakn susah untuk di keluarkan.
  3. Hindari duduk terlalu lama di toilet. Semakin lama duduk, semakin tinggi tekanan pada ambeien.
  4. Jangan sering mengangkat beban terlalu berat.
  5. Untuk mempercepat penyembuhan, bisa gunakan obat ambeien alami yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, Ambejoss dan Salwa adalah pilihan yang tepat

Ambejoss Zaitop dan salwa merupakan obat ambeien yang cocok untuk siapa saja. Ambeien pada ibu hamil dan menyusui tidak perlu khawatir menggunakan produk unggulan ini. Selain mutunya sudah teruji karena merupakan obat ambeien terlaris di Indonesia, juga merupakan obat yang manjur dan berkualitas tinggi. Aman karena sudah mendapatkan lisensi dari BPOM RI sebagai obat ambeien herbal.

Jika Anda terkena ambeien saat hamil, jangan biarkan sakit tersebut menjadi semakin parah dan mengganggu aktivitas Anda. Gunakan Ambejoss Zaitop dan Salwa sebagai solusinya.

Untuk informasi lengkap tentang pengobatan ambeien pada ibu hamil dan melahirkan, silahkan klik link di bawah ini :

Incoming search terms:

  • obat wasir ambeien apotik
  • salep ambeien kimia farma
  • obat wasir berdarah di apotik
  • salep ambeien luar
  • salep untuk ambeien bengkak
  • darah keluar dari dubur
  • keluar darah dari dubur tapi tidak sakit
  • obat ambeyen
  • berak keluar darah tapi tidak sakit
  • salep ambein