7 Tips Menahan Nafsu Makan Supaya Tidak Berlebihan Saat Makan

Pernah Anda ingin makan lagi dan lagi, padahal baru saja makan besar bahkan ngemil? Mungkin Anda merasa ‘iseng’ dan ingin mengunyah sesuatu saat itu. Namun, itu artinya nafsu makan Anda besar dan Anda tak bisa menahannya. Jika dibiarkan, tentu akan bikin berat badan melonjak dalam waktu cepat. Tak mau, kan? Yuk, ikuti tips menahan nafsu makan berikut, tidak sulit, kok!

tips menahan nafsu makan

Mungkin Anda menjadi salah satu orang yang tidak bisa berhenti makan, baru saja selesai makan besar, Anda masih ingin makan lagi dan lagi, ditambah dengan ngemil. Mungkin saja Anda berpikiran bahwa mulut ingin selalu mengunyah hanya untuk sekedar iseng. Wow hal seperti ini tentu saja tidak bisa dibiarkan, Anda memiliki nafsu makan yang begitu besar, dan Anda harus berusaha menahannya.

Apabila ini dibiarkan, tinggal menunggu waktu berat badan Anda akan menjadi semakin naik dan naik tak terbendung. Mau tahu 7 tips menahan nafsu makan supaya tidak berlebihan saat makan? Silahkan ikuti 7 tips berikut ini, jika Anda konsisten menjalaninya dijamin nafsu makan Anda akan terjaga serta sistem pencernahan Anda menjadi sehat dan aman dari sembelit.

7 Tips Menahan Nafsu Makan

1. Perbanyak Minum air putih

Ternyata tubuh bisa saja lho melakukan kesalahan dalam mengartikan sinyal dari otak kita, ada kalanya Anda merasa sangat lapar dan ingin makan, tetapi sebenarnya yang dikirim otak adalah tubuh dalam kondisi haus dan kurang cairan, sehingga seharusnya Anda cukup minum air putih saja untuk menghilangkan rasa lapar tersebut.

Baca Juga :   Membuat Tubuh Langsing Secara Cepat dan Mudah, Ini Rahasianya

Oleh karena itu ketika suatu saat Anda mersa lapar tetapi Anda merasa bahwa baru saja selesai makan, cobalah untuk minum air putih dahulu, siapa tahu rasa lapar itu muncul karena sebenarnya tubuh sedang dalam kondisi haus.

2. Olahraga Teratur

Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata olahraga mampu mengurangi hormon yang merangsang timbulnya rasa lapar, misal Anda olahraga jalan kaki selama 15 menit, ini bisa menahan Anda untuk tidak melakukan aktifitas ngemil.

Jika Anda rajin berolahraga, hormon yang kebanyakan berkembang adalah hormon yang merangsang rasa haus, sehingga pesan yang dikirim ke otak akan menyuruh Anda untuk banyak minum, dengan banyak minum maka sekaligus ini akan menekan rasa lapar yang timbul.

Jadi kesimpulannya, olahraga yang teratur terbukti mampu menahan nafsu makan Anda.

3. Mencoba Bertanya Pada Diri Sendiri

Kadang seseorang tidak bisa membedakan antara ngidam atau rasa ingin makan serta rasa lapar yang sebenarnya, cara untuk mengetahuinya adalah dengan menanyakan pada diri sendiri, misal dengan pertanyaan seperti ini:

Salah satu cara untuk membedakan antara ngidam atau ingin makan dan rasa lapar sesungguhnya adalah dengan mengajukan peratanyaan ke diri Anda, misalnya:

“Benarkah saya mau makan buah?”

Apabila seseorang tidak tahu apakah ia benar-benar lapar atau hanya ingin makan manis saja, tanyakan ini pada diri Anda sendiri. Jika ya, tubuh Anda kemungkinan memang kelaparan, dan jika jawabannya tidak, bisa saja Anda hanya ingin makan manis saja.

“Lalu apa dampaknya jika saya makan makanan itu?”

Bisa jadi Anda sedang kalap saat itu, tapi coba tanyakan lagi pertanyaan tersebut pada diri Anda. Jika memang jawabannya makanan tersebut buruk dan hanya membuat berat badan naik saja, tentu Anda hanya lapar mata dan Anda tidak perlu mengikuti nafsu Anda.

Baca Juga :   5 Obat Maag Kronis Ampuh Yang Ada di Sekitar Kita

Ditambah lagi apabila makanan itu merupakan makanan yang mengandung banyak lemak dan kalori yang lumayan tinggi.

4. Usahakan mengurangi stres

Ada beberapa orang yang menjadikan makanan sebagai pelarian karena stress, ketika stres datang maka orang tersebut akan banyak makan, apa-apa dimakan, dan yang lebih mengerikan adalah porsinya yang berlebihan, dan kadang jenis makanan pun merupakan makanan yang tinggi kalori, terlalu mengandung gula, ditambah dengan kandungan lemak yang tinggi.

Orang tersebut menganggap makanan tersebut adalah obat stresnya, nah kalau Anda keseringan stres apa yang akan terjadi, Anda akan makan terus dan makan terus, tentu saja berat badan segera melonjak. Maka dari itu Anda harus bisa mengelola tingkat stres Anda, stres itu merupakan hal yang wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya, tetapi janganlah makanan menjadi pelariannya

Cara sederhana untuk mengurangi stres adalah istirahat sejenak dari pekerjaan Anda dengan berlibur atau mengambil napas dalam-dalam, dapat membantu tubuh untuk kembali fokus dan menenangkan pikiran.

Beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan merupakan cara terbaik untuk mengurangi tingkat stres Anda, mengambil nafas dalam-dalam, atau bisa juga dengan berlibur memanfaatkan hari libur Anda. Beberapa kegiatan olahraga bisa juga menjadi alternatif misal, yoga, tai chi, latihan pernafasan, dan meditasi.

5. Perbanyak Makanan Yang Mengandung Protein

Protein mempunyai sebuah kemampuan untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama, karena itu dengan lebih banyak makan makanan mengandung protein maka akan memperlama rasa kenyang Anda dan mengurangi rasa ingin makan yang berlebihan.

Berdasarkan hasil penelitian, seorang pria dengan obesitas kemudian berusaha meningkatkan asupan proteinnya hingga 25 persen dari asupan kalorinya, terbukti mengalami penurunan nafsu makan.

Baca Juga :   Obat Gatal Terbaik Kapsul BD dan Eximtas dari Denature Indonesia

Saat sarapan dengan meningkatkan asupan protein menjadi sangat bagus, ini menjadikan Anda tidak akan ngemil. Orang yang sarapan dengan kandungan protein tinggi akan jarang terlihat ngemil.

6. Atur Jadwal Makan dan Ngemil

Sebagian orang tidak memperhatikan hal ini, mereka bisa saja makan siang sembarang waktu. Maka dari itu sebaiknya untuk jadwal makan pagi, makan siang, dan makan malam harus diatur, kalau Anda hobi ngemil maka selipkan diantara jam makan tersebut jadwal ngemil. Dengan begitu semua menjadi teratur dan akhirnya menjadi kebiasaan.

7. Kunyah permen karet

Ini bisa sesuatu yang mengasikkan, kurangi nafsu makan Anda dengan mengunyah permen karet bebas gula, dengan permen ini terbukti mampu mengurangi nafsu makan

Proses mengunyah ternyata mempunyai efek mengurangi rasa ingin makan dan ngemil, karena itulah permen karet bisa menjadi alternatif jika dibandingkan dengan cemilan lain.

Itulah 7 tips menahan nafsu makan supaya tidak berlebihan saat makan, apabila ketujuh hal diatas bisa Anda lakukan, maka program diet yang Anda jalankan bisa berjalan dengan optimal. Tetapi bila Anda tidak bisa menjalankan ketujuh hal diatas, maka akan sangat bagus bagi Anda untuk mengkonsumi SLIMMING HERBAL dari Denature Indonesia.

Ramuan Herbal Penurun Berat Badan Slimming Herbal

Slimming Herbal adalah merupakan produk herbal yang berfungsi untuk membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang alami, menggunakan ramuan dari alam tanpa terkontaminasi bahan-bahan kimia yang tidak bagus bagi tubuh.

Slimming Herbal membantu Anda memperoleh berat badan yang ideal, diet sehat dengan diimbangi mengkonsumsi slimming herbal akan memberikan hasil yang alami tetapi cepat dan aman.