4 Manfaat Racun Kalajengking Yang Membuat Harganya Fantastis

4 Manfaat Racun Kalajengking Yang Membuat Harganya Fantastis – Baru-baru ini berita mengenai racun kalajengking menjadi viral di Indonesia, hal ini dikarenakan pidato Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan yang menyatakan kalau ingin cepat kaya maka carilah racun kalajengking.

manfaat racun kalajengking

Sehingga kemudian netizen pun ramai-ramai kepo ingin mengetahui apa sebenarnya manfaat dari racun kalajengking sehingga harganya fantastis. Harga racun kalajengking itu sendiri konon mencapai 145 miliar per liter.

4 Manfaat Racun Kalajengking Yang Membuat Harganya Fantastis

Berdasarkan informasi yang didapat dari Wired.co.uk ternyata racun kalajengking bisa digunakan sebagai obat kanker serta mengobati beragam penyakit berat lainnya, kira-kira bisa tidak ya racun kalajengking untuk mengobati wasir?. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa saja manfaat racun kalajengking, inilah 4 manfaat racun kalajengking yang diambil dari beberapa sumber.

1. Penghilang rasa sakit

Para peneliti telah menggunakan senyawa alami yang ditemukan dalam racun kalajengking sebagai obat penghilang rasa sakit. Harapannya adalah temuan itu akhirnya bisa mengarah pada pengembangan obat baru untuk manusia.

Peneliti di Unversitas Tel Aviv memperkirakan bisa kalajengking akan menjadi obat pembuang rasa sakit layaknya morfin. Prof. Michael Gurevitz dari Ilmu Tanamana Tel Universitas Aviv tengan menginvestigasi cara baru memproduksi obat penghilang rasa sakit alamiah dari kalajengking.

Menurut Gurevitz, senyawa dalam racun ini telah lama hilang sejak jutaan tahun lalu melalui evolusi. Dan senyawa memperlihatkan komponen tertentu bisa menghilangkan efek samping pada tubuh.

Racun peptide ditemukan pada bisa kalajengking yang berinteraksi dengan sodium pada sistem kegelisahan dan sistem otot – bagian dari sodium berkomunikasi dengan rasa sakit. Prof. Gurevitz mengatakan, “Tubuh mamalia memiliki sembilan jenis terusan sodium yang hanya subtipe tertentu mengirimkan rasa sakit ke otak. Kami berusaha memahami bagiaman racun dalam bisa berinteraksi dengan terusan sodium pada level melekuler dan bagaimana perbedaan racun ini dengan sub tipe lain. Jika kami menemukannya, kami mungkin akan bisa memodifikasi racun itu, membuatnya lebih berguna dan spesifik.”

Dalam penelitiannya, Prof. Gurevitz berkonsentrasi pada Kelajengkin Kuning di Israel, satu dari kelejengking berbahaya di dunia. Racunya memiliki lebih dari 300 peptisida yang hanya sebagian kecil telah diteliti.

Dengan menemukan penghilang rasa sakit yang lebih efektif berarti bisa menyelesaikan salah satu masalah terbesar dalam dunia medis saat ini. Rasa sakit merupakan repon fisiologi berbahaya pad luka fisik maupun kesehatan yang menurun. Dokter biasanya menggunakan aspirin untuk mengurangi rasa sakit. “Jenis obat baru (dari racun kalajengking) ini akan sangat pada luka bakar dan luka luar,”  kata Prof. Gurevitz.

2. Memerangi sel kanker

Racun yang mematikan ini juga bisa digunakan untuk membantu perawatan kanker di masa depan.

Para peneliti dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, Universitas Washington dan startup Blaze Bioscience telah mengembangkan teknologi untuk memanfaatkan racun kalajengking tersebut sebagai obat kanker.

Dilansir dari askabiologist.asu.edu, venom kalajengking memiliki rantai protein yang sangat kecil bernama chlorotoxin.

Chlorotin ini melumpuhkan lawan kalajengking dengan cara menghentikan dan mematikan sel.

Hal inilah yang kemudian membuat para ahli menyelidiki fungsi peptida untuk membunuh sel kanker.

Bahkan, luar biasanya lagi, untuk kasus tumor otak yang rumit, racun ini tidak hanya menghentikan sel tumor, tetapi juga menjadi senter atau petunjuk, bagian mana tumor itu bersatrang sehingga tim medis lebih mudah mengangkatnya.

Kalajengking sebenarnya dapat ditemukan di semua benua. Ada sekitar 2.000 spesies kalajengking di seluruh dunia.

3. Mengobati penyakit tulang

Penelitian menunjukkan bahwa racun kalajengking dapat menghalangi keropos tulang dan menjadikannya zat yang berguna untuk mengobati kondisi seperti rheumatoid arthritis dan osteoartritis.

Pada tahun 2011, seorang pria Kuba berusia 71 tahun mengklaim bahwa dia menahan sakit dan nyeri dengan membiarkan kalajengking menyengatnya setidaknya sebulan sekali.

4. Mencegah malaria

Racun kalajengking juga merupakan obat bagi penyakit malaria.

Pada tahun 2011, seorang peneliti dari Universitas Maryland memodifikasi jamur parasit yang berisi zat yang ditemukan dalam racun kalajengking untuk menyerang parasit malaria yang ditemukan di dalam nyamuk.

Di Indonesia, Malaria masih menjadi ancaman kesehatan menular. Sebab, negara beriklim tropis dengan suhu hangat adalah lokasi yang paling disenangi nyamuk tersebut.

Jika akan bepergian ke negara tersebut maka pastikan sudah membekali diri dengan pengetahuan pencegahan penyakit malaria.

Orang yang memiliki tingkat kekebalan sangat rendah cenderung terserang parasit malaria dengan mudah. Parasit malaria memasuki tubuh melalui gigitan nyamuk. Gejalanya muncul secara normal dalam waktu 7 sampai 30 hari.

Banyak tanda yang jelas terlihat pada mereka yang terkena malaria seperti demam tinggi, menggigil, muntah dan lainnya. Ada banyak hal untuk mencegah malaria saat bepergian. Pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Cara mengambil racun kalajengking

Jadi bisa disimpulkan mengapa harga racun kalajengking menjadi sangat fantastis, ukan karena cara mengambilnya yang sulit, tetapi karena manfaatnya yang luar biasa. Memang cara mengambil racun kalajengking bukan merupakan perkara yang mudah. Jika salah mengambilnya, bisa-bisa justru membahayakan nyawa sendiri.

Lantas bagaimana caranya agar racun kalajengking dapat diperah dan diambil tanpa membahayakan jiwa kita?

Alat tersebut menempel pada buntut dan menggunakan listrik untuk menstimulasi kelenjar racun kalajengking.

“Apa yang membuat alat ini begitu spesial adalah keamanan dan kecepatannya. Jika dulunya kita hanya bisa mengambil racun dari 10 kalajengking dalam sehari, kini kita bisa mengambil racun dari 150 dalam sehari,” kata Mouad Mkamel, seorang peneliti di Ben M’sik Hassan II University, Kasablanka, yang memimpin penelitian 2017 silam.

 

Incoming search terms:

  • fungsi racun kalajengking
  • harga racun kalajengking
  • kalajengking viral